Elemen Pada WIMP interface




windows, icons, menus, pointers +++ buttons, toolbars, palettes, dialog boxes


Windows
• Area pada screen yang independen sebagai tempat meletakkan elemen-elemen interface yang lain
- Bisa mengandung text ataupun gambar
- Bisa dipindahkan dan dirubah ukurannya
- Bisa saling overlap antar window

• Scrollbar
Memungkinkan user menggerakkan content pada window ke atas dan ke bawah atau ke kiri dan ke kanan (untuk melihat content yang tidak tertampil karena ukuran yang terlalu besar)

Title bar
Mendeskripsikan nama window yang tertampil (misal nama file, judul project, dsb)

Icon
- Berupa gambar yang berukuran kecil
- Merepresentasikan sejumlah object atau suatu aksi yang bisa dilakukan user
- Biasanya mewakili window atau shortcut kepada suatu fitur tertentu
- Window bisa dikecilkan (iconised)
- Icon bisa bervariasi (bahkan bisa dibuat sendiri oleh user)
- Dibuat seindah dan sebagus mungkin
- Merepresentasikan fitur berdasarkan analogi, sehingga user mudah menghafal

Pointer

  1. Komponen penting dalam WIMP
  2. Gaya interaksi melalui WIMP pada dasarnya adalah melakukan pointing dan melakukan seleksi pada sesuatu (bisa menu, icon, dsb)
  3. Bisa dilakukan dengan mouse, trackpad, joystick, trackball, cursor keys atau shortcut melalui      keyboard 
  4. Dapat menggunakan representasi grafis yang beragam

Menu
- Pilihan aksi atau layanan yang ditampilkan pada screen
- Memerlukan pemilihan operasi melalui pointer

Masalah – membutuhkan area yang luas pada screen Solusi – pop-up: menu muncul saat dibutuhkan saja